Berbagi Informasi

Puti Diharapkan Satukan Kaum Marhaen Jatim

0 35

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno menjadi sosok pemimpin yang diidolakan. Puti dianggap sebagai tokoh muda yang akan menyatukan kaum Marhaen di Jawa Timur.

“Puti (Puti Guntur Soekarno) pada dasarnya adalah Marhaen. Siapa Marhaen itu, iya wong cilik atau bisa dikatakan abangan. Saya yakin 90 persen Marhaen akan bersatu,” kata Sekretaris Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)Jawa Timur, Ony Setiawan.

Ony mengatakan, melihat perkembangan saat ini keberadaan Puti yang mendampingi Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menjadi kekuatan tersendiri. Marhaen yang notabenenya dikatakan abangan atau wong cilik bakal bersatu. Begitu juga dengan PDIP yang notabenenya sebagai partai pengusung pasti akan habis-habisan untuk memenangkan pemilihan gubernur (Pilgub) ini.

Artinya, suara-suara yang sempat hilang baik di tubuh Marhaen maupun PDIP akan kembali, bahkan cenderung bertambah. Karena sosok Puti menjadi alternatif pilihan bagi pemilih yang jenuh.

Ony menyatakan secara pribadi dirinya tidak bisa memilih mana yang lebih kuat di antara pasangan calon Gus Ipul dan Khofifah. Namun dari sisi wakilnya, di antara keduanya (Puti dan Emil) sifatnya lebih menonjol Puti, karena memiliki khas keturunan dari Soekarno, Presiden RI pertama.

“Jelas Puti ini memiliki nilai yang sangat besar dibandingkan wakil lain,” ucap dia.

Sebelum Puti ditunjuk sebagai wakil gubernur untuk mendampingi Gus Ipul, suara Gus Ipul yang masih bergandengan dengan Bupati Banyuwangi, Azwar Anas suara dari Marhaen maupun PDIP masih terpecah. Untuk sisi timur, suara utuh untuk mendukung pasangan Gus Ipul-Anas. Namun sisi barat sudah tidak mau untuk memilih pasangan tersebut. Kemunculan Puti, ungkap dia, kembali menyatukan marhein maupun PDIP, sisi timur dan barat sama-sama ingin memenangkan pasangan ini.

Kondisi ini terjadi lantaran, Puti melambangkan perwakilan yang selama ini diharapkan Marhaen atau abangan ini merasa memiliki dengan keberadaan Puti. Secara kultural, daerah pemilihan (Dapil) Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Mojokerto, Pasuruan, Surabaya sangat besar kemungkinan menang.

“Jadi wilayah Mataraman maupun arek sangat besar khans-nya untuk menang. Gus Ipul dan Puti ini memiliki suara yang khas di wilayah ini, apalagi Puti yang keturunan Soekarno, cucunya langsung ini,” ucap Ony.

Ony meyakini, ada perkembangan suara yang mengarah kepada Puti. Hal ini diketahui dari pergerakan-pergerakan di daerah. Menurut dia, banyak kaum abangan ini mulai membicarakan keberadaan Puti.

sumber: merdeka.com

Leave A Reply